Jumat, 10 Februari 2012

Death Valley Sailing Stone - Penjelasan Fenomena Batu Bergerak

Adanya Fenomena batu yang bergerak sendiri di Racetrack Playa, California adalah salah satu fenomena misterius yang terkenal dan membingungkan, tetapi studi intensif yang dilakukan sekarang telah menjawab berbagai pertanyaan dan rasa penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya





Fenomena batu bergerak (sailing stone) ini terjadi di wilayah death valley (lembah mati) yang berada di taman nasional california, amerika. Di wilayah taman nasional ini ada sebuah tempat bernama racetrack playa yang letaknya 3078 diatas permukaan laut dengan panjang 2,8 mil dan lebar 1,3 mil. Ditempat inilah terjadi fenomena batu bergerak dengan sendirinya dan belum diketahui penyebabnya.




Playa sendiri adalah sebutan untuk danau musiman, ketika hujan danau ini akan terisi air dari gunung dan ketika cuaca menjadi panas maka air danau itu akan menguap dan meninggalkan lapisan lumpur tipis dan lembut. Ketika lumpur ini pecah dimulailah fenomena batu bergerak itu.

Fenomena seperti ini telah diketahui lebih dari 100 tahun silam oleh para penambang emas, tetapi penelitian intensif baru dilakukan sejak tahun 1948. Satu satunya bukti bahwa batu batu ini bergerak adalah jejak jejak yang ditinggalkannya, ada yang lurus dan berbelok. Tidak ada campur tangan manusia disini karena tidak ditemukan adanya jejak manusia disini, jadi alam lah yang melakukan ini semua.




Penjelasan Misteri Batu Bergerak Di Death Valley

mungkin sedikit sekali yang akan mengira bawa angin yang menggerakkan batu batu itu, karena dalam pandangan orang awam sangatlah susah untuk angin menggerakan batu batu ini. Tetapi tempat di Racetrack Playa ini istimewa. Mengapa demikian?

Karena gesekan yang terjadi di permukaan tanah tempat ini luar biasa kecil, hal ini disebabkan oleh cyanobacteria dan lapisan tanah liat yang berasal dari lumpur. Angin lurus membuat batu tersebut bergerak lurus, angin berputar membuat laju batu tersebut berbelok.



Petunjuk fenomena ini sebenarnya telah ditemukan pada tahun 1996, dimana 3 peneliti Bacon, Cahill dan Tombrello mendapatkan petunjuknya dari danau owen, dimana penyebab fenomena ini adalah angin mendadak dengan kecepatan 40m/s. Memang pada dasarnya angin adalah medium transportasi yang lemah dan hanya mampu mengangkat benda seukuran pasir, tetapi hembusan dan pusaran angin ditempat ini memiliki kemampuan mendorong partikel dalam ukuran yang lebih besar. Kemampuan ini dimunculkan oleh gradien tekanan barometik besar pada angin berputar.

Kecepatan angin di death valley rata rata sama dengan danau owen, tetapi di death valley fenomena ini didukung oleh konfigurasi topografi dan elevasi yang semakin naik. Selain itu pembentukan angin mendadak meningkatkan kemampuan peristiwa traksi yang disebabkan aliran udara dan aktivitas batuan berat atau berbentuk batu.




Pada juli dan desember 1996, para ilmuwan yang mempelajari angin di lembah mati ini menemukan bahwa batuan berukuran kerikil tertiup angin dan dapat tergeser. Dengan temuan ini tidaklah susah membayangkan bagaimana angin lokal dapat menghasilkan efek yang lebih besar lagi.



Aturan dari taman nasional yang melarang adanya studi intensif ditempat ini dan taman nasional lainnya membuat para peneliti tidak dapat melakukan penelitian menyeluruh, inilah yang membuat fenomena batu bergerak di death valley ini begitu misterius. Mungkin saja hal ini disengaja karena dengan memelihara misteri akan dapat menarik banyak pengunjung yang penasaran.




Kesimpulan Akhir Fenomena Batu Bergerak

seperti yang telah saya jelaskan diatas, anginlah yang menyebabkan semuanya. Peristiwa ini dapat dicapai setelah peristiwa pelepasan air di danau ini lewat sungai sungai disekitarnya dan juga penguapan. Adanya cyanobacteria dan lapisan tanah liat dari lumpur membuat permukaan danau ini sangat rendah gesekan. Angin lurus membuat batuan melaju dan angin putar membuat batu ini berbelok. Aliran udara di tempat ini sangat di pengaruhi elevasi, kedataran dan konfigurasi disekitar jalur batu yang terbukti dengan kecenderungan batuan mengarah ke utara dan timur laut dari pada daerah lainnya.

Sumber:http://dewabrata-ceritadunia.blogspot.com/2011/10/death-valley-sailing-stone-penjelasan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes