Kamis, 26 Januari 2012

Kesalahan dalam Film 2012


2012_trailer_sm_0005
Siapa bilang film 2012 tidak luput dari kesalahan ( ini tidak menyangkut kontroversi yang beredar di masyarakat ) tekhnik pembuatan maupun human error dari sutradara hingga para pemainnya….Saya akan mengajak anda untuk mengingat kembali scene per scene dari film tersebut terutama di mana kesalahannya terletak dan anda mungkin tertawa daripada harus terhenyak mengingat visual effect tentang bagaimana bumi ini morat marit. Sumber: http://nabilmufti.wordpress.com

Kesalahan 1: Antonov AN225
An-225_3-view
Pesawat terbang cargo yang bertolak menuju Cina berangkat dari benua Amerika Serikat terbang melalui  jalur utara rute Great Circle. Ini bisa saja benar terutama jika Sasha berharap untuk berhenti melakukan pengisian bahan bakar . Bahkan jika melalui bagian terbarat dari Amerika Serikat, terbang melalui Hawaii  hanya akan memakan waktu lebih lama (dan lebih lambat) untuk rute penerbangan ke Cina. Pengisian bahan bakar  mungkin lebih baik jika berhenti di Anchorage, Alaska (di mana banyak penerbangan antarbenua melakukan hal tersebut.).
Adegan dimana pesawat berhenti untuk pengisian bahan bakar sama sekali tidak perlu  karena  jangkauan penerbangan Antonov AN-225 pesawat Rusia ini adalah 15.400 kilometer, yang jauh lebih dari cukup untuk mencapai Cina. Sasha berencana untuk mengisi bahan bakar Antonov di Hawaii, tapi karena Hawaii  hancur dan mereka tidak memiliki cukup bahan bakar maka mereka harus melakukan pendaratan air. Gordon menyebutkan mereka telah kehilangan landing gear ketika mereka berangkat dari LasVegas, Bagaimana, mereka berencana untuk landing lalu mengisi bahan bakar dan lepas landas lagi seperti semula yang direncanakan, jika tidak ada roda pesawat untuk landing dan take off ? 
Yang lebih menggelikan lagi adalah ketika pesawat Antonov itu jatuh dikatakan telah kehabisan bahan bakar sedangkan pada saat jatuh ke jurang menunjukkan pesawat meledak dengan bahan bakar yang menyala-nyala seakan masih banyak bahan bakar yang tersisa….Dan dengan abu vulkanik seperti itu tidak mungkin pesawat dapat terbang karena akan membuat malfungsi pada turbin pesawat dan mesin….

Kesalahan 2: USS John F Kennedy (CV-67)
2012_john f kennedy
Kapal induk USS John F Kennedy (CV-67)  terbalik dan menumpahkan semua pesawat terbangnya di dek saat ia menabrak Gedung Putih. Pada kenyataannya, kapal itu dinonaktifkan  pada tahun 2007 dan sekarang berlabuh dan diikat di Philadelphia Naval Shipyard (sekitar 130 mil dari Washington, DC). Waktu USS John F Kennedy menghantam  Gedung Putih,nama kapal  dan nomor (CV-67) yang terlihat di dek kapal. Tidak ada kapal induk AS yang dicat namanya pada dek dengan cara ini, hanya angka ’67 ‘dicat di geladak pada ujung depan kapal dan disamping tower kapal.
carrier

Kesalahan 3: White House
Kesalahan itu diperparah lagi saat kapal hendak menghantam Gedung Putih,dan menenggelamkan sang Presiden yang diperankan oleh Danny Glover ….Arah kapal induk USS Kennedy tepat menghantam Washington Monument Memorial lalu bergerak lurus kearah depan pintu masuk gedung Putih. Yang saya tekankan disini adalah arahnya…tepat dari Barat,karena Gedung Putih tepat menghadap arah Barat yaitu menghadap Monument…padahal kapal induk tersebut jauh berlabuh di Philadelphia di Timur Washington yang berarti jauh dibelakang bangunan Gedung Putih…sedang arah datangnya Tsunami yang membawa kapal induk itu berasal dari Barat yang notabene cuma sungai Potomac dan jika lebih ke Barat berarti lebih masuk kearah daratan besar hingga West Virginia. Jikalau memang di hantam Tsunami seharusnya dari belakang bukan dari depan
2009-11-21_1003

Kesalahan 4: Gempa Bumi Tektonik
Di adegan  pembuka saat Adrian Helmsley bertemu temannya Dr. Satnam mereka memperbincangkan tentang Neutrino yang  bermutasi dan disebabkan oleh solar flare telah jauh menembus bumi dan menyebabkan temperatur inti bumi memanas dengan cepat. Mutasi adalah proses biologis yang disebabkan oleh kesalahan dalam duplikasi kode genetik. Neutrino adalah partikel non-organik  sub-atom, dan karena itu tidak dapat bermutasi. Meskipun demikian, gangguan tektonik bumi ini mempersalahkan  "mutasi neutrino". Emang khayalan kayak kriptonite yang bisa menyebabkan Superman KO…!!
Helmsely mengatakan bahwa dunia ini akhirnya bisa diselamatkan oleh ahli astrofisika. Seorang ahli astrofisika tidak akan bisa memprediksi fenomena tersebut. Hanya seorang ahli seismologi atau ahli geologi yang memiliki pengetahuan tentang lempeng tektonik, gempa bumi dan kegiatan seismik bumi ,akan mampu meramalkan kejadian tersebut
2012_earth

Kesalahan 5: Kalendar Maya
Ini adalah salah satu hal yang mengakibatkan kontroversi di negara kita adalah tentang ramalan suku Maya tentang hari kiamat (padahal mereka tidak pernah menyebut tentang kiamat,entah siapa yang memulai gurauan konyol tentang kiamat ini).Ada sekilas siaran berita, menampilkan sebuah cerita tentang beberapa orang dari suku Maya melakukan bunuh diri massal. Penyiar menyatakan mereka membunuh diri mereka sendiri karena mereka tampaknya percaya akhir dunia pada 21 Desember 2012. 
Padahal Bangsa Maya tidak percaya bahwa dunia akan berakhir, dan pada kenyataannya 21 Desember 2012 hanyalah akhir siklus dari kalender. Gagasan tentang dunia berakhir pada hari itu sebenarnya adalah sebuah mitos keliru yang dibawa oleh budaya Barat dan di adopsi bangsa kita yang suka ikut-ikutan
2012_maya

Kesalahan 6: Arnold Schwarzenegger
Memang aktor bertubuh raksasa ini tidak muncul sama sekali dalam adegan, tetapi penyebutannya sebagai gubernur California sangat memalukan sebab masa jabatannya ( karena Arnie memang gubernur California ) harusnya berakhir pada Januari 2011 sedang setting film itu bersetting tahun 2012…mungkin mereka masih mengharapkan Terminator ini terus menjabat untuk periode berikutnya...

Kesalahan 7: Summer Olimpic 2012  London
Disebutkan juga saat itu berlangsung olimpiade 2012 di London…Sang penulis ini dapat saya pastikan bukan penggemar olahraga karena olimpiade musim panas ini diselenggarakan pada 27 Juli hingga 12 Agustus 2012…berarti settingnya seharusnya bukan pada 21 Desember dong…melainkan maju ke bulan Juli-Agustus….

Kesalahan 8: Tsunami
Pertama saat melihat thriller film ini kurang lebih 6 bulan yang lalu disitus reminya Sony Pictures saya sempat tercengang dengan adegan gambar diatas…dimana seorang biksu Tibet berlari ke puncak gunung lalu memukul genta besar sambil menyaksikan air raksasa yang merayap dipegunungan Himalaya…Ketika tsunami terbentuk tempat terbaik untuk berlindung adalah  berada tepat di tengah laut, karena ketinggian air meningkat atau menurun tidak terlihat berpengaruh, dan juga efek dari tsunami besar-besaran tidak akan terasa di tengah lautan karenanya, dan kapal pesiar yang dinaiki bapaknya Helmsley tidak akan terbalik jika itu benar-benar tsunami. Kapal itu hanya akan terguling jika berada sangat dekat dengan pantai.
Ketika tsunami  itu mencapai anak benua India, dilaporkan  1500 meter tingginya, yaitu sekitar 5.000 kaki. Air mengenai tiga kapal besar pada ketinggian yang belum diketahui, tetapi disebutkan kapal ini ini akan menabrak Gunung Everest yang tingginya 29.500 kaki. (Gunung Everest hanya 29.029 kaki dalam realitas). Gelombang tinggi 1500 m atau kurang lebih 1 mil, sedangkan  gunung memiliki ketinggian 5,5 mil, dan ratusan mil jarak tempuh dari gelombang  yang harus dilalui dalam perjalanannya tidak cukup untuk menambahkan kekuatan dorong air keatas hingga ke puncak Himalaya. Dan lagi cukup sulit untuk membuat pangkalan kapal diatas pegunungan Himalaya yang beribu-ribu tingginya dengan puncak-puncak tinggi serta jurang yang dalam apalagi di dekat gunung Everest….masih ingat betapa besarnya kapal belum lagi helikopter yang berseliweran didalam galangan kapal…bagi saya membutuhkan lebih dari 2 tahun pembangunan (dalam film ini pembangunan dilakukan setelah summit G8 ke 36 tahun 2010).

Kesalahan 9: YellowStone Park
Ngebut atau tidak,secara geografis tidak ada yang dapat berkendaraan dari Taman Nasional Yellowstone, Wyoming, ke Manhattan Beach, California, dalam satu hari seperti  Jackson Curtis yang diperankan John Cusack. Anda juga tidak bisa naik helikopter dari Washington DC ke Yellowstone National Park dalam waktu kurang dari satu hari seperti Helmsley yang diperankan Chiwetel Ejiofor.
Letusan bola api yang sangat besar dari Yellowstone akan membakar Charlie Frost dan Jackson Curtis hanya dalam hitungan detik, karena memancarkan panas jauh melampaui bola api yang sebenarnya ,bola api yang sama mungkin seharusnya membakar pesawat terbang yang menunggu kedatangan Jackson dan anaknya Lily curtis karena letusan awan piroklastik  akan menyusul Curtis Jackson sebelum tiba di lapangan udara meskipun wedus gembel  ( emang gunung Semeru….wakakaka ) itu agak melambat karena gesekan dengan medan (melihat seberapa cepat debu awan bergerak ketika pesawat lepas landas.)
2012_yellowstone

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes