Minggu, 22 Januari 2012

Sejarah Catur Dunia yang Unik


Permainan catur telah dikenal sebagai seni, sains dan olah raga. Hampir semua orang dapat memainkannya. Tujuan utama dari permainan catur adalah untuk memerangkap pion raja milik lawan. Jangan pernah lupakan tujuan tersebut! Karena selama apapun permainan catur yang Anda mainkan, tujuannya hanya itu saja. Lalu bagaimana sejarah catur hingga permainan tersebut dapat mendunia seperti sekarang ini?



Sejarah Awal Permainan Catur

Permainan catur berkembang dari permainan serupa selama kurun waktu ratusan tahun yang lalu. Orang telah memainkan versi yang berbeda-beda dari catur, seperti misalnya di China, orang memainkan Xiang Qi (baca: shyang chi). Permainan catur versi China ini mungkin merupakan permainan yang paling banyak dimainkan orang di seluruh dunia.

Permainan catur muncul sejak ribuan tahun yang lalu saat munculnya peradaban dunia. Permainan ini pertama kali muncul di India, dengan nama Shaturanga pada abad 16. Permainan Shaturanga ini dimainkan oleh 4 orang pemain menggunakan dadu.

Selama abad 16 peraturan-peraturan dalam permainan Shaturanga mulai dibuat dan diubah untuk mengakomodasi hukum agama Hindu. Misalnya, pelarangan berjudi sehingga penggunaan dadu ditiadakan. Permainan Shaturanga yang dimainkan oleh 4 pemain, berubah menjadi 2 pemain saja dan nama permainannya pun berubah menjadi Shatranj.

Sejarah Catur

Banyak versi mengenai sejarah catur, diantaranya:

* Kaum muslim yang membawa permainan tersebut pada adab pertengahan ke Eropa ketika mereka menyerbu Spanyol melalui Afrika Utara.

* Raja Romawi menerima satu set permainan Shatranj sebagai hadiah dari ratu Byzantium.
* Ksatria yang pulang dari perang salib membawa permainan tersebut di abad ke 12.

Organisasi Catur Sedunia

Catur mungkin hanya sebuah permainan, namun bagi sebagian orang, permainan ini sangat serius bahkan dibentuk federasi catur yang disebut FIDE (Federation International des Echecs yang dibentuk di Paris pada tahun 1924.

Hingga kini, FIDE masih merupakan organisasi utama untuk olah raga catur, dengan anggota mencapai 156 federasi dari seluruh dunia. FIDE ini yang membuat aturan dalam turnamen dan kompetisi catur, termasuk pada kejuaraan catur dunia (FIDE World Championship). FIDE juga yang memberi gelar juara seperti Grandmaster, International Master, Woman Grandmaster dan lain-lain.


Sumber:berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes