Jumat, 20 Januari 2012

Pasukan-Pasukan Elite Terbaik Dunia

Kematian osama bin laden beberapa waktu lalu oleh pasukan khusus Navy Seals, seakan menahbiskan pasukan khusus tersebut sebagai salah satu pasukan elite terbaik di dunia. Beberapa waktu lalu Time merilis daftar 10 pasukan elite terbaik dunia, inilah daftarnya:

Navy Seals. Tak ayal lagi nama pasukan elite ini langsung menjulang begitu mereka berhasil menewaskan buronan nomor wahid AS, Osama bin Laden. Seals yang merupakan kependekan dari "Sea, Air and Land" dibentuk pada tahun 1961 di masa pemerintahan President John F. Kennedy di saat AS terlibat konflik di Vietnam. Seal telah beroperasi di berbagai daerah konflik, termasuk di antaranya adalah Perang Teluk, Bosnia, Afganistan dan Irak, termasuk operasi di Grenada dan Panama. Dan team yang telah berhasil membunuh Osama adalah pasukan yang sama yang berhasil dalam membebaskan kapal dari para pembajak Somalia pada tahun 2009.

The Immortals. Pasukan elite ini berasal dari era Kerajaan Persia Kuno. Immortal adalah nama yang diberikan oleh Herodotos untuk menyebut pasukan khusus dari Kekaisaran Akhemeniyah (Persia) ini. Pasukan elite ini bertugas sebagai Garda Imperial dan juga sebagai pasukan tempur yang melindungi kekaisaran jika ada serangan dari luar, sedangkan sebagai pasukan tempur, pasukan ini ikut serta dalam penyerangan yang dilakukan oleh Kekaisaran, salah satunya adalah ketika ekspansi Kekaisaran Persia dan pada Perang Yunani-Persia. Sedangkan dalam masa damai, Pasukan Abadi bertugas sebagai pengawal kaisar.

Brigade Gurkha.adalah pasukan khusus yang terdiri dari orang-orang Nepal yang diperkerjakan untuk Inggris, dan nama Gurkha berasal dari nama daerah berbukit yang terletak di antara Nepal dan India. Mereka telah menjadi bagian dari pasukan Inggris sejak tahun 1815, dan dan hingga saat ini mereka terus mengabdi bagi Kerajaan Inggris. Mereka dikenal tangguh, tak kenal takut dan telah bertempur di Perang Falkland, Perang Teluk, di Irak dan Afganistan, serta ikut dalam pasukan penjaga perdamaian di Bosnia.

The Knights Hospitaller. Para ksatria ini terkenal pada saat Perang Salib I. Terdiri dari para biarawan, keberanian dan kegigihan mereka selama perang salib membuat namanya melegenda.

Special Air Service. Pasukan ini pertama kali terbentuk di Libya pada tahun 1940, merupakan bagian dari pasukan militer Inggris yang didesain untuk melakukan penetrasi dan beroperasi Afrika Utara dan sukses. Setelah terlibat pada Perang Dunia II SAS juga terlibat di berbagai daerah konflik di seluruh dunia, termasuk pembebasan sandera di Kedubes Iran di London pada tahun 1980.

Green Berets. Pasukan elite ini merupakan bagian dari pasukan darat Amerika Serikat. Dibentuk pada tahun 1952, mereka terlibat di Vietnam dan termasuk memerangi bandar narkoba di Kolumbia. Dengan motto "De Oppresso Liber" (membebaskan yang tertindas), selain terlatih dengan senjata dan kontraterorisme mereka juga dibekali skill dalam bahasa, budaya, diplomasi, politik dan taktik psikologi seperti menyebarkan informasi palsu.

The Varangian Guard. Mereka adalah para keturunan para pelaut Viking yang berasal dari sepanjang sungai di daerah Ukraine, Belarus and Russia. Ketangguhan mereka dalam bertarung membuat mereka disebut-sebut sebagai tentara yang paling kuat di daerah Mediterania.

The Hashishin. Pasukan ini terbentuk di Iran sekitar abad ke-12. Mereka dikenal memiliki kemampuan yang tinggi untuk menculik dan membunuh terutama dengan pedang. Bahkan konon kata 'assassin' atau pembunuh dalam bahasa Inggris, adalah berasal dari nama Hashishin.

Israeli Special Forces. Pasukan khusus Israel ini terbentuk pada tahun 1948, sebagai satuan khusus misi-misi pengintaian. Kini satuan ini berkembang sebagai salah satu pasukan komando terbaik di dunia. Membebaskan sandera di Bandara Entebbe, Uganda, tahun 1976 menjadi salah satu keberhasilan pasukan Yahudi ini. Dalam aksi yang paling baru adalah pada bulan Mei 2010, pasukan ini melakukan intersep ke dalam Kapal Mavi Marmara, sebuah kapal Turki yang mencoba memberikan bantuan ke Jalur Gaza.

The Jaguar Warriors. Adalah para ksatria dari suku Aztec di Amerika Selatan. Bukan pedang atau tombak yang menjadi senjata mereka melainkan batu tajam yang bergerigi. Namun dalam catatan sejarah mereka sanggup berperang melawan invasi pasukan Spanyol. (Time/ill: ps2.ign.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes